Service Centre Jakarta | Medan|Palembang|Jambi| Lampung|Banjarmasin|Pekanbaru|Makasar|Surabaya

Service Centre Jakarta | Medan|Palembang|Jambi| Lampung|Banjarmasin|Pekanbaru|Makasar|Surabaya
Wa :081212195067

Operasi Ginekomastia Dirasa Perlu atau tidak ?

Operasi Ginekomastia Dirasa Perlu atau tidak ?




Dulu saat anda masih tampan, berambut lurus, berdada bidang, tidak ada satupun yang bermasalah pada kesehatan anda. Minggu lalu ketika anda bercermin di pagi hari, sebuah gumpalan aneh muncul dari dada. ukurannya masih asing dan agak kenyal. Ternyata sekarang , gumpalan itu melebar dan hampir membentuk sebuah payudara apabila diperhatikan dengan seksama. Anda pun searching di google dengan keyword tentang "daging aneh" tersebut di internet. Lalu anda paham ternyata itu disebut Ginekomastia. Tidak lama , anda kembali searching dengan kata kunci " Operasi Ginekomastia' atau 'apa itu Ginekomastia?" agar rasa penasaran anda benar-benar terbayar.
Beruntunglah anda karena sudah menemukan postingan ini. Artinya hal-hal sebab musabab Ginekomastia akan dijabarkan secara komplit disini. Untuk pembahasan Operasi Ginekomastia sendiri sudah saya umbar secara komplit di artikel berjudul : Mengenal Lebih dalam biaya operasi Ginekomastia  dan artikel tandingan berjudul Gynecomastia tanpa operasi dengan Herbal RG GL Daxen
Sejatinya, ada beberapa treatment mengenai pencegahan dan pengobatan Ginekomastia ini.
Pengobatannya Bisa dengan operasi, terapi radiasi , Tamoxifen, atau herbal tertentu.
Sebelum lebih jauh membahas treatment, terlebih dahulu membahas apa itu Ginekomastia dan bagaimana efek kedepan orang-orang yang mengidap Ginekomastia.
Penyebab Ginekomastia selalu menjadi misteri bagi komunitas medis. Karena ini adalah kondisi jinak, tidak banyak usaha para pakar yang benar-benar profesional untuk memasukkan atau  menemukan riset lebih lanjut apa yang menyebabkan seseorang terkena Ginekomastia pada tingkat fundamental. Pembesaran payudara pada pria bisa disebabkan oleh pertumbuhan jaringan payudara dan ini adalah Ginekomastia asli. Pembesaran payudara pada pria juga bisa disebabkan oleh lemak yang dibangun di  sekitar areola dan ini disebut pseudogovekomastia.

Penyebab Ginekomastia Dalam Pandangan Medis : Kelebihan Estrogen
Hampir semua penyebab Ginekomastia bahwasannya dikarenakan produksi hormon estrogen yang berlebih. Itulah yang menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara abnormal pada seorang pria. Semua pria memiliki beberapa tingkat hormon wanita di tubuh mereka dan itu sangat normal tapi menjadi bermasalah saat hormon estrogennya melebihi kadar Testosteronnya (kadar hormon pria). Bisa jadi ada alasan yang berbeda namun semua alasan ini akhirnya menyebabkan produksi estrogen yang berlebih.

Penyebab Gynecomastia Pada Remaja

Pertumbuhan jaringan payudara terjadi pada pria selama tiga tahap dalam rentang kehidupan individu dan pertumbuhan itu dimulai dari masa kanak-kanak, kemudian remaja dan setelah itu usia tua. Ketika remaja mengalami masa pubertas dan menjadi dewasa secara seksual, ada banyak perubahan hormonal termasuk dominasi estrogen untuk beberapa waktu dan ini dapat menyebabkan perkembangan jaringan payudara. Tidak semua anak laki-laki mengalami masa pubertas akan mengalami hal ini namun diperkirakan bahwa antara 48-64% dari semua remaja akan memiliki beberapa bentuk pertumbuhan jaringan payudara. Ini disebut pubertas atau Ginekomastia remaja.
Ginekomastia Pada Remaja
Sekarang kabar baiknya adalah bahwa Ginekomastia pada remaja itu sangat alami dan kelebihan jaringan payudara ini akan hilang saat anda memasuki masa dewasa dan tidak akan ada kelainan pada dada anda dalam penampilan atau saat disentuh. Ketahuilah bahwa 6 dari 10 teman Anda akan memiliki hal yang sama. Ada satu saran yang sangat penting yang perlu anda perhatikan jika ingin Gynekomastia hilang secara alami. Dalam keadaan normal, anda tidak memerlukan perawatan apapun. Yang jadi masalah adalah ketika Ginekomastia ini bahkan terus-menerus membesar saat anda dewasa dan tua. Kemungkinan karena anda mengkonsumsi obat-obatan atau steroid tertentu yang mengakibatkan Ginekomastia muncul pada dada anda.

Penyebab Ginekomastia Pada Orang Dewasa

Saya berbicara tentang pria biasa untuk rentang usia 21 hingga 50 tahun dalam kondisi aktivitas normal  yang saat ini tidak sedang menjalani resimen obat untuk kondisi medis apapun. Karena apabila dicermati beberapa resep obat dibawah ini mengandung zat tertentu yang menyebabkan pria dewasa terkena Ginekomastia.
- Ketokonazol, zat-zat atau resep kesehatan yang biasanya dipakai untuk memulihkan infeksi jamur.
- Ranitidine, Cimetidine  ,dan beberapa jenis obat lainnya yang terkait dengan tipe H2-receptor blocker. Resep obat tersebut dipakai untuk memulihkan sakit maag .
- Spironolakton, resep obat yang dipakai memulihkan pria yang terkeserang gagal jantung, tekanan darah tinggi, dan beberapa kondisi terkait lainnya .
  
Penyebab lain Ginekomastia adalah bahwa anda mengalami tingkat estrogen yang tidak proporsional di tubuh sehingga salah satu efek buruknya adalah tumbuhnya jaringan payudara di sekitar dada anda. Ada juga beberapa kondisi genetik secara medis yang dapat menyebabkan Ginekomastia dan anda mungkin memiliki tapi Anda tidak tahu atau disebut idiopatik.
Aksi Pertama Untuk yang Sudah Terkena Ginekomastia.
 Langkah awal untuk Anda adalah menemui dokter yang mengkhususkan diri dalam pengobatan Ginekomastia dan mereka akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kadar hormon anda dan berapakah keseimbangan hormonal saat ini. Pemeriksaan riwayat dan pemeriksaan fisik yang terperinci oleh dokter spesialis Ginekomastia dapat menentukan sebab musabab terkait  Ginekomastia dalam kasus Anda.
Marijuana/Ganja ternyata Bisa Menyebabkan Ginekomastia
Dulu pernah ada seorang ahli medis mengkaitkan ganja menjadi salah satu faktor penyebab Ginekomastia. Akan tetapi argumen ahli medis tersebut dipatahkan mentah-mentah karena kurang bukti. Namun belakangan ini, para dokter mulai melihat hubungan langsung antara penghisap/pecandu ganja dan Ginekomastia. Merokok ganja juga merupakan salah satu alasan mengapa Ginekomastia pada remaja yang semestinya hilang saat memasuki masa dewasa masih tetap ada dan menjadi permanen. Setelah diriset lebih dalam ,ternyata Unsur-unsur dalam ganja mengubah mekanisme hormonal dalam tubuh yang menyebabkan konversi antara estrogen dan ginekomastia.

Penyebab-Penyebab Lain Yang Tidak Terduga. 

Beberapa pria, penyebab Ginekomastia bisa menjadi salah satu dari sekian banyak kondisi medis yang berkontribusi terhadap pertumbuhan jaringan payudara. Kombinasi obat yang mereka ikuti juga bisa menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara. Dari waktu ke waktu, peneliti juga mencari tahu tentang obat baru yang berpotensi menyebabkan Ginekomastia muncul baru-baru ini.
Sindrom Klinefelter
Salah satu contoh klasik kondisi medis yang dapat menyebabkan Ginekomastia adalah Klinefelter Syndrome. Sindrom ini ditandai dengan anomali kromosom dengan pria yang memiliki kromosom X tambahan. Studi telah menunjukkan bahwa pria dengan kondisi medis ini memiliki Ginekomastia sebagai gejala yang umum.
Hipertiroidisme
Kelenjar tiroid bertanggung jawab atas produksi hormon tiroid dan hipertiroidisme terjadi saat kelenjar ini menjadi terlalu aktif. Hipertiroidisme adalah netral gender dan dapat terjadi pada pria dan wanita. Akan tetapi pada pria, hal ini dianggap sebagai salah satu penyebab Ginekomastia. Pengenalan awal terhadap kondisi ini dan intervensi tepat waktu telah berhasil mengindentifikasi bahwa ini bisa menyebabkan Gynekomastia.
Gagal Ginjal
Gagal ginjal adalah salah satu kondisi medis yang bisa menyebabkan Ginekomastia. Ketika ginjal kita tidak dapat melakukan proses penyaringan normal, hal itu memicu serangkaian reaksi tubuh dan disfungsi hormonal adalah salah satu efeknya. Hasil akhirnya adalah berkurangnya  produksi Testosteron. Dalam skenario ini, kadar estrogen menyebabkan keseimbangan hormonal terganggu dan muncullah menyebabkan Ginekomastia.
Malnutrisi
Malnutrisi adalah salah satu kondisi medis yang sering disalahpahami dan diremehkan yang dapat menyebabkan Ginekomastia. Bila tubuh kita tidak memiliki jumlah nutrisi yang dibutuhkan, bisa-bisa mengurangi produksi testosteron namun pada saat bersamaan, tidak ada perubahan pada tingkat estrogen. Dengan cara ini, malnutrisi menjadi salah satu penyebab Ginekomastia.
Kembali Ke Pertanyaan Awal , Apakah Operasi ginekomastia Dirasa Perlu atau tidak ?
Sebagian orang ( keluarga mampu) memang memprioritaskan untuk mengangkat "daging berlebih" ini melalui pembedahan. Pembedahan memang perlu dipikir matang-matang. Karena menyangkut dana, perawatan, dan memicu efek psikologis baru.
Tapi ada beberapa jenis pengobatan berbeda selain harus menggunakan prinsip pembedahan.
Tamoxifen sebuah terapi untuk Ginekomastia
Apa itu Tamoxifen?
Tamoxifen adalah terapi obat-obatan medis khusus untuk menghalangi kelebihan hormon estrogen, atau hormon wanita. Tamoxifen digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker payudara untuk pria dan wanita. Hal ini juga digunakan untuk menurunkan kesempatan wanita terkena kanker payudara jika dia memiliki risiko tinggi (seperti riwayat keluarga yang sudah pernah terlanjur terkena kanker payudara sebelumnya).

Terapi Ganoderma

Ganoderma lucidum, yang biasa dikenal dengan jamur lingzi, sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Popularitasnya meluas ke obat-obatan Jepang dan Korea, dan menjadi salah satu resep medis di negara barat.
Ganoderma lucidum memiliki efek anti-oksidatif saat ditambahkan. Ini juga memiliki efek terapeutik pada resistensi insulin, mengurangi risiko kanker prostat, dan dapat membantu mengobati berbagai kondisi yang terkait dengan sindrom metabolik.

Jamur lingzi terkenal dengan efek anti kankernya. Hal ini mampu mengaktifkan sel pembunuh alami, meningkatkan aktivitas dan kemampuan tubuh untuk melawan tumor.